Resep Camilan Bagus Kastengel Istimewa Renyah Dan Gurih

Resep Kue Kastengel - Asal-usul apa itu Kue Kastengel dan dari mana asalnya secara niscaya tidak sanggup diketahui dengan fakta yang kuat, namun ada beberapa argumen yang menyampaikan bahwa Kue Kastengel berasal dari Belanda. Hal ini menurut dari nama Kue Kastengel itu sendiri, kata kaas dan stengels yang berasal dari bahasa Belanda. Kaas berarti keju dan stengels berarti batangan. Oleh alasannya yakni itu disebut kaasstengels atau batangan keju dan kini dikenal dengan Kastengel.

Di Belanda, kue kaasstengels ini tidak sependek di Negara Indonesia tapi panjangnya menyerupai mistar, sekitar 30 centimeter. Kue Kastengel sangat digemari belum dewasa dan orang cukup umur alasannya yakni rasanya yang gurih dan sangat renyah. Selain enak juga terdapat kandungan gizi yang baik di dalam Kue Kastngel alasannya yakni terbuat dari bahan-bahan yang mempunyai kandungan gizi yang baik pula.

Kastengel yakni sejenis kuliner ringan manis kering yang dipanggang di oven. Bentuknya sebesar jari kita dengan panjang sekitar 5 cm. Adonannya menyerupai dengan gabungan nastar. Bedanya, gabungan kastengel menggunakan keju dan akan lebih enak bila kita menggunakan keju renta atau keju ayam dari Belanda. Kalau bisa keju Edam atau Gouda yang renta dan berbentuk menyerupai bola bowling dengan lapisan lilin merah. Rasanya, pahit-pahit gurih namun lezat.

Di Indonesia Kue Kastengel menjadi salah satu kuliner ringan manis yang wajib ada dihari besar menyerupai hari Idul Fitri alasannya yakni selain rasanya yang enak, bentuknya yang imut dan tampilannya terlihat bagus serta mewah, sehingga banyak yang menyajikan Kue Kastengel di rumahnya. Selain enak dan imut, ternyata Kue Kastengel juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh, alasannya yakni terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas dan bergizi pula. 

Meskipun tidak di hari besar, tidak ada salahnya anda menyajikan Kue Kastengel untuk hari-hari anda bersantai dengan rekan atau keluarga di rumah. Kami akan membuatkan tips dan trik dalam menciptakan Kue Kastengel dalam Resep Kue Kastengel yang Istimewa renyah dan gurih. Silahkan simak resep berikut ini.

usul apa itu Kue Kastengel dan dari mana asalnya secara niscaya tidak sanggup diketahui dengan Resep Kue Kastengel Spesial Renyah dan Gurih
Resep Kue Kastengel

Bahan Kue Kastengel:

  1. 200 gr unsalted butter / mentega tawar 
  2. 100 gr margarin 
  3. 3 btr kuning telur 
  4. 1 sdt garam 
  5. 1 sdt kaldu ayam bubuk 
  6. 250 gr keju renta (bisa menggunakan keju parmesan / edam / gouda) , diparut 
  7. 50 gr susu bubuk full cream 
  8. 450 gr tepung terigu protein rendah

Bahan Olesan dan Topping Kue Kastengel:

  1. 1 kuning telur ayam, kocok 
  2. 1 sdm madu 
  3. 50 gr keju cheddar, diparut

Cara Membuat Kue Kastengel:

  1. Kocok butter, margarin, garam, kaldu ayam bubuk, menggunakan mixer kecepatan sedang hingga rata. 
  2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk kembali hingga rata. 
  3. Ayak terlebih dahulu tepung & susu, kemudian masukkan kedalam gabungan bertahap sambil terus di aduk rata. 
  4. Masukkan keju parmesan / edam / gouda yang telah diparut, aduk hingga rata. 
  5. Giling gabungan setebal 0,8 cm. Iris-iris dengan ukuran kira-kira panjang 5 cm & lebar 0,8 cm. 
  6. Simpan gabungan yang telah dibuat di atas loyang yang telah di olesi sedikit margarin. 
  7. Campur 1 kuning telur dengan 1 sdm madu untuk materi olesan. Olesi setiap gabungan dengan materi olesan, kemudian taburkan keju cheddar parut diatasnya sesuai selera anda. 
  8. Panggang hingga matang pada panggangan dengan suhu 160-170ยบ selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang. 
  9. Setelah matang dinginkan terlebih dahulu kastengel di atas rak kawat atau diamkan di loyangnya hingga mendingin, gres di masukkan ke dalam toples.

Tips Kue Kastengel:

  1. Agar hasil kastengelnya tepat gunakan tepung terigu protein rendah, jangan tepung terigu biasa.  Ada banyak brand tepung terigu protein rendah dipasaran tapi aku biasa menggunakan brand Kunci Biru. 
  2. Keju yang digunakan untuk gabungan kastengel bisa menggunakan keju parmesan, keju edam atau keju gouda. Pilih salah satu jenis keju saja yang sesuai selera & sesuai kemampuan kantong anda. 
  3. Ukuran bahan-bahannya yang pas timbangannya, jangan hingga ada materi yang terlalu banyak, atau kuliner ringan manis  kastengel anda akan gagal jadinya.  
  4. Saya biasa mengaduk gabungan menggunakan mixer spiral, tapi dikala gabungan terigu telah masuk, akan sulit mengaduk menggunakan mixer. Anda bisa menggunakan spatula kayu atau tangan untuk meng-uleni atau menggiling adonan. Jangan lupa pakai sarung tangan plastik ya kalau mau ngulenin atau menggiling pakai tangan biar lebih higienis. 
  5. Panaskan panggangan terlebih dahulu sebelum memanggang kue, biar proses pemanggangan kuenya  maksimal. Tes dulu suhu dalam panggangan sebelum memasukkan loyang kue. 
  6. Jangan menyimpan kuliner ringan manis yang gres matang, alias masih panas eksklusif kedalam toples atau kuliner ringan manis akan praktis hancur. Selalu dinginkan dahulu kuliner ringan manis sebelum dimasukkan kedalam toples atau wadah tertutup.  
  7. Tekstur kuliner ringan manis kastengel kami ini memang lebih lembut dan tidak terlalu kering. Ini dikarenakan alasannya yakni kami tidak menggunakan soda kue.
Demikian Resep Pempek Enak orisinil Palembang ya, dijamin anda ketagihan menciptakan segala kuliner sendiri di rumah alasannya yakni sanggup menawarkan kepuasan tersendiri, apalagi kalau hingga dipuji suami dan mertua ternyata kuliner anda enak dan lezat. So, silahkan mencobanya. Semoga bermanfaat

Sumber http://zonamakan.blogspot.com

Comments